Hadiri Syukuran HUT Polwan Ke-76, Ini Pesan Kapolres Langkat Pada Seluruh Personel Polwan


Langkat-

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Polwan ke-76, Kepolisian Resor (Polres) Langkat menggelar kegiatan acara Syukuran dengan mengusung tema ‘Polwan Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas’.

Kegiatan syukuran yang dilakukan dengan sederhana ini pun digelar di Hotel Green Stabat, Jalan Medan _ Banda Aceh, Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat, pada hari Rabu (4/9/2024).

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Langkat AKBP David Triyo Prasojo, SH, SIK M.Si, didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Langkat Ny. Ayu David, pejabat utama Polres Langkat, Kapolsek jajaran, ASN Polres Langkat Serta Bhayangkari Cabang Langkat.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Langkat AKBP David Triyo Prasojo tidak lupa untuk mengucapkan selamat HUT Polwan ke-76 dan menyampaikan beberapa arahan kepada seluruh Polwan Polres Langkat yang berjumlah 29 personel.

Kapolres Langkat mengatakan, bahwa sejarah Polwan terbentuk pertama kali di Bukittinggi Sumatera Barat. Dimana kala itu tugas-tugas Kepolisian banyak dihadapkan dengan masalah-masalah perempuan. Akhirnya waktu itu sekitar 6 wanita terpilih mengikuti pendidikan menjadi Polwan.

“Penugasan Polwan tersebut dilanjutkan hingga sekarang. Dan pada tanggal 1 September 2024 kemarin Polwan berulang tahun ke-76,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kapolres Langkat AKBP David Triyo Prasojo berpesan kepada para Polwan Polres langkat untuk menjaga profesionalisme dan etos kerja yang tinggi dalam bertugas, serta tidak ada Polwan yang melanggar aturan yang sudah ditetapkan.

“Saya beserta jajaran mengucapkan selamat hari jadi Polwan ke-76 tahun 2024. Semoga Polwan selalu bisa mendukung dalam pelaksanaan tugas Polri kedepan, terlebih saat ini menjelang pelaksanaan Pilkada 2024 serentak,” ucapnya.

Dikatakan Kapolres, Polwan merupakan salah satu tugas yang hebat. Dimana para Polwan dituntut untuk profesional, baik itu dalam melaksanakan tugas sebagai petugas kepolisian maupun sebagai seorang ibu. Terlebih, Polwan adalah pejuang-pejuang yang luar biasa bagi Polri khususnya di Langkat yang identik dengan pahlawan-pahlawan wanita sehingga harapan kedepan dapat meneruskan perjuangan dan menjadi Kartini masa kini.

Kapolres Langkat AKBP David Triyo Prasojo ini berpesan kepada seluruh Polwan Polres Langkat atau biasa dikenal Kartini Polres Langkat untuk meningkatkan kompetensi masing-masing yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Menurutnya, eksistensi Polwan dalam berbagai bidang penugasan telah menunjukan prestasi yang membanggakan. Polwan menjadi salah satu elemen penting dalam mewujudkan transformasi institusi Polri yang Presisi di tengah kompleksitas tantangan tugas saat ini.

Selain itu, kata Kapolres Langkat AKBP David Triyo Prasojo, Polwan juga dituntut harus mampu memberikan kontribusi yang sama besarnya dalam pelaksanaan tugas, baik selaku aparat penegak hukum maupun sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Di sisi lain, kodrat sebagai wanita kadangkala membatasi ruang gerak Polwan. Namun harus diakui bahwa ada beberapa tugas Polri yang lebih cocok dilakukan oleh Polwan karena memiliki sensitivitas yang tinggi serta membutuhkan pendekatan-pendekatan yang lebih soft secara psikologi.

“Seperti penanganan masalah perlindungan perempuan dan anak (PPA) kenakalan remaja, kekerasan dalam rumah tangga hingga kegiatan patroli Kartini Polres Langkat Menyapa yang dapat menyentuh ke semua elemen masyarakat dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan kegiatan yang lainnya,” jelasnya.


Sumber: Humas Polres Langkat.

Posting Komentar

0 Komentar