Dorong Kemandirian Pangan, Karang Taruna Memanfaatkan Perkarangan Rumah


 

Wampu,Langkat- 

Karang Taruna Desa Stabat Lama Barat, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat melaksanakan program kemandirian pangan didusun Dondong Timur I dan Dondong Timur II Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat. Senin, 12/08/2024.


Mandiri pangan yang di lakukan oleh Karang Taruna Desa Stabat Lama Barat dengan membagikan bibit-bibit dihalaman pekarangan rumah dan pelaksanaan ini  merupakan wujud program Karang taruna yang berfokus di sektor ketahanan pangan Desa Stabat lama barat 


Ketua Karang Taruna Desa Stabat Lama Barat Muhammad Akbar, S.H mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepeduliaan Karang Taruna dalam mensukseskan program ketahanan pangan, 


” Sudah seharusnya kami yang merupakan organisasi sosial yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan untuk terus berbuat. Karang taruna akan selalu mendorong masyarakat agar memiliki ketahanan pangan yang kuat. Untuk itu gerakan menanam sayur pun tidak memerlukan lahan yang luas melainkan dengan memanfaatkan pekarangan atau halaman yang dimiliki tiap keluarga serta Penanaman bibit Pangan di Pekarangan dapat menggerakkan kegiatan ekonomi masyarakat melalui optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan rumah di Desa Stabat Lama Barat yang sama kita cintai ini, ” ucapnya.


Adapun kemandirian pangan ini membagikan bibit seperti bibit cabai kecil, cabai geprek, cabai besar, terong dan kebutuhan sayuran-sayuran lainya dengan jumlah 1000 bibit setiap jenis-jenisnya dan Sebanyak 300 rumah yang sudah dilakukan penanaman dipekarangan rumah masyarakat Desa Stabat Lama barat dan di targetkan akan panen selama 3/4 bulan.


Kepala Desa Stabat Lama Barat yang diwakili oleh Sekretaris Desa Nopradana dalam kata sambutannya dan sekaligus membuka acara tersebut berharap dengan adanya Kemandirian Pangan ini akan menjadi budaya masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam pangan yang dapat bermanfaat dan meningkatkan kesadaran, peran serta dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan dan kami dari pemerintahan desa siap membantu program- program yang akan di laksanakan oleh Karang Taruna.


” Terus Lakukan inovasi dan kreasi dalam bentuk bakti dan karya nyata Karang Taruna Desa Stabat Lama Barat untuk terus melakukan kegiatan positif dan berguna untuk masyarakat Desa khususnya, dan Kabupaten Langkat umumnya, ” ujarnya.


Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Stabat Lama barat yang diwakili Sekretaris Desa Nopradana, Babinsa Desa Stabat Lama Barat Gunarso, Tokoh agama, Tokoh Masyarakat, pengurus Karang Taruna Desa Stabat Lama Barat dan masyarakat sekitar.*(putra siregar)

Posting Komentar

0 Komentar